Cara Terbaik Menggunakan WhatsApp Web: Tips dan Trik

Cara Terbaik Menggunakan WhatsApp Web Tips dan Trik

WhatsApp Web adalah cara yang mudah dan praktis untuk menggunakan aplikasi WhatsApp di komputer atau laptop Anda. Tidak perlu mengambil smartphone dan membuka aplikasi WhatsApp setiap kali ingin berkirim pesan, cukup buka WhatsApp Web di browser Anda untuk mulai menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik terbaik untuk menggunakan WhatsApp Web yang akan menjadikan hidup Anda lebih mudah dan efisien.

1. Gunakan Fitur Shortcuts

WhatsApp Web memiliki fitur pintasan (shortcuts) dari keyboard yang memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai elemen antarmuka pengguna dengan cepat. Misalnya, Anda dapat menulis pesan baru dengan menekan tombol “Ctrl” + “N” di keyboard Anda. Ada juga pintasan untuk menghubungkan panggilan atau video call (Ctrl + Shift + P), untuk menandai pesan sebagai tak terbaca (Ctrl + Shift + U), atau untuk mengirim stiker (Ctrl + Shift + M), dan masih banyak lagi. Sebaiknya Anda mencoba sendiri menggunakan pintasan yang tersedia agar lebih praktis dan cepat.

2. Bersihkan Riwayat Chat

Riwayat obrolan atau chat WhatsApp Web Anda mungkin terjebak dan bingung dengan pesan-pesan lama yang tidak lagi relevan. Agar halaman WhatsApp Web tetap bersih dan teratur, Anda dapat membersihkan riwayat obrolan secara berkala. Caranya dengan mengklik ikon tiga titik di bagian atas obrolan tertentu, lalu pilih “Hapus obrolan”. Pilih obrolan mana yang ingin Anda hapus dan pastikan untuk memastikan bahwa riwayat tersebut benar-benar dihapus. Dengan memiliki ruang bersih di WhatsApp Web, Anda bisa lebih mudah dalam mencari dan mengakses pesan yang baru dan masih relevan.

3. Gunakan WhatsApp Web bersamaan dengan aplikasi smartphone Anda

Meski Anda bisa mengakses WhatsApp di laptop atau komputer melalui WhatsApp Web, tetapir Anda tetap membutuhkan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi di ponsel Anda ke versi terbaru agar dapat melakukan sinkronisasi pesan di WhatsApp Web. Pengiriman pesan dan obrolan yang berjalan dalam waktu nyata dapat membantu agar Anda tidak ketinggalan pesan penting.

Cara untuk menggunakannya cukup mudah. Setelah Anda membuka WhatsApp Web di browser, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, lalu scann barcode di WhatsApp Web menggunakan kamera ponsel Anda dengan cara memilih “WhatsApp Web” pada opsi menu aplikasi WhatsApp. Setelah terkoneksi, Anda akan melihat riwayat chat dan semua kontak di WhatsApp Web yang disinkronkan dengan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

4. Sesuaikan Tema WhatsApp Web Anda

Fitur baru WhatsApp Web yang diperbarui terakhir kali sebelumnya menampilkan beberapa perubahan tampilan dan pilihan tema sebagai fitur tambahan yang memfasilitasi pengalaman pengguna di WhatsApp Web. Pengguna WhatsApp Web bisa menyelaraskan tema dengan dengan mode “Light” atau “Dark”. Pengguna juga bisa menyesuaikan tampilan obrolan di WhatsApp Web dengan pilihan merek atau dapat membuat desain khusus sendiri dengan mengganti latar belakang obrolan. Dengan menyesuaikan tema dan latar belakang ini, Anda dapat membuat pengalaman WhatsApp Web menjadi lebih personal dan menyenangkan.

5. Gunakan Fungsi “Terdiam” untuk Obrolan Grup

Obrolan grup di WhatsApp Web bisa sangat sibuk dan mengganggu, terutama jika kelompok tersebut memposting pesan secara beruntun. Untuk meminimalkan gangguan di obrolan grup yang sedang tidak begitu penting, Anda dapat menggunakan fungsi “Terdiam”. Dengan mengaktifkan fungsi ini, notifikasi tetap muncul di aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, tetapi tidak mendapatkan notifikasi di WhatsApp Web. Fitur ini sangat membantu dalam mengurangi gangguan ketika sedang sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lain yang lebih penting.

6. Gunakan Fungsi Pencarian untuk Mencari Obrolan atau Pesan Penting

Dalam obrolan atau grup yang sibuk, bisa menjadi sebuah tantangan untuk menemukan pesan penting yang mungkin sudah tenggelam dalam bisingnya percakapan. Agar lebih mudah dalam mencari obrolan atau pesan tertentu, Anda dapat menggunakan fungsi pencarian yang terdapat di WhatsApp Web. Anda hanya perlu klik pada ikon kaca pembesar di pojok kiri atas, dan ketik kata kunci dari obrolan atau pesan yang ingin Anda temukan. Aplikasi akan menampilkan semua hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang telah Anda masukkan. Ini dapat membantu mempercepat pencarian pesan ataupun obrolan penting yang terdapat di WhatsApp Anda.

7. Gunakan Status WhatsApp Web

WhatsApp Web juga memiliki fitur Status, sama seperti di aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memposting foto, video, atau pesan Status yang dapat dilihat oleh kontak yang memiliki nomor WhatsApp Anda. Status ini dapat menjadi sarana untuk berbagi cerita, gambar, atau dengan orang-orang disekitar Anda. Anda bisa memperbarui status pada WhatsApp Web kapan saja dan di mana saja, asalkan ada koneksi internet yang tersedia.

8. Simpan Pesan Penting ke Buku Catatan

Jika Anda menerima pesan penting di WhatsApp Web dan ingin menyimpannya, tetapi tidak ingin menyimpannya di obrolan, Anda dapat menggunakan fungsi “Simpan ke Buku Catatan”. Anda hanya perlu menekan pesan yang ingin Anda simpan, klik “Tandai sebagai tak terbaca”, lalu pilih opsi “Simpan ke Buku Catatan”. Pesan tersebut akan disimpan secara terpisah dan akan dapat diakses di Buku Catatan Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menjelajahi obrolan untuk menemukan pesan penting yang mungkin sudah tenggelam.

9. Gunakan Foto Profil untuk Membuat Pola Latar Belakang

Jika Anda ingin membuat pola latar belakang yang kreatif dan unik untuk WhatsApp Web Anda, Anda dapat memanfaatkan foto profil Anda. Dalam menu pilihan WhatsApp Web, pilih “Ubah Profil”. Jika Anda memiliki foto profil berukuran besar, zoom foto tersebut hingga menjadi seminimal mungkin, lalu pilih dan seret foto ke tampilan layar baru. Selesai, sekarang kamu mempunyai latar belakang yang keren dan original yang akan memperindah tampilan WhatsApp Web Anda.

10. Gunakan Kombinasi WhatsApp Web dan Services If by IFTTT

Bergantung pada kebutuhan individu Anda, Anda dapat menjalankan layanan otomatisasi dengan menggunakan WhatsApp Web melalui services If by IFTTT. Dalam layanan ini, Anda dapat memicu suatu tindakan atau pengiriman pesan hanya dengan mengirim pesan tertentu. Misalnya, Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengatur pengingat tertentu, mengirimkan pesan pada waktu tertentu, atau mematikan lampu di rumah hanya dari satu pesan. Agar layanan ini dapat berfungsi, Anda perlu menghubungkan akun WhatsApp Web Anda dengan If by IFTTT terlebih dahulu.

Demikianlah sepuluh Tips dan Trik Terbaik Menggunakan WhatsApp Web dalam bahasa Indonesia yang dapat kamu terapkan untuk memaksimalkan pengalaman menggunakan WhatsApp Web. Dengan memahami fitur-fitur WhatsApp Web, Anda dapat mempercepat dan menyederhanakan proses komunikasi dengan orang-orang yang penting dalam hidup Anda. Selamat mencoba!

Originally posted 2023-05-14 11:53:55.