Fitur Tersembunyi Menarik YouTube, Apa?

Fitur Tersembunyi Menarik YouTube Apa

Deretan Fitur Tersembunyi yang Menarik dari YouTube, Apa Saja?

Jika Anda ingin menjadi seorang YouTuber yang sukses atau hanya pengguna biasa, pengetahuan tentang fitur YouTube yang tersembunyi dapat membantu meningkatkan pengalaman Anda. Banyak fitur ini adalah hal yang belum diketahui oleh sebagian besar pengguna situs web. Dalam artikel ini, kami akan mengungkap beberapa fitur tersembunyi yang menarik dan berguna di YouTube untuk para pemula maupun pengguna tingkat lanjut.

Cara Menggunakan Fitur Tersembunyi YouTube

1. Dark Mode

Tampilan putih terang dari YouTube dapat mengganggu mata terutama jika Anda menonton video di malam hari. Namun, YouTube memiliki fitur tersembunyi bernama mode gelap atau dark mode yang akan membantu mengatasi masalah ini. Mode ini juga membantu menghemat baterai di hape Anda.

Untuk mengaktifkan mode gelap, masuk ke akun YouTube Anda, klik gambar profil Anda di pojok kanan atas lalu pilih opsi “Settings”. Di bagian bawah halaman, Anda akan melihat opsi “Dark Mode”. Aktifkan mode gelap dan lihatlah perbedaan yang signifikan dalam tampilan YouTube Anda.

2. Keyboard Shortcuts

Apakah Anda tahu bahwa YouTube memiliki sejumlah pintasan keyboard yang sangat berguna untuk mengatur video yang Anda tonton? Ini adalah fitur tersembunyi yang tidak banyak orang tahu keberadaannya.

Anda bisa menggunakan tombol spasi untuk mengatur jeda/restart video, tombol kiri/kanan untuk memajukan atau mundurkan video selama 5 detik, dan tombol angka 1-9 untuk memajukan video ke bagian tertentu dari persentase yang diinginkan.

3. Terjemahan Otomatis

Untuk pengguna yang ingin menyimak video bukan dalam bahasa mereka, YouTube memiliki fitur terjemahan otomatis yang dapat membantu. Fitur ini membolehkan video yang sudah dilengkapi dengan subtitle untuk diterjemahkan ke bahasa lain yang diinginkan jika tersedia dalam daftar bahasa.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik ikon pengaturan pada video dilanjut dengan memilih opsi “Subtitles/CC”, kemudian pilih “Auto-translate” dan pilih bahasa yang diinginkan. Ini adalah cara yang bagus untuk memperluas cakupan Anda dan memahami video yang mungkin berbahasa asing.

4. Private Sharing

Apakah Anda ingin berbagi video dengan sekelompok orang terkait atau teman dekat saja? Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan fitur tersembunyi YouTube ini. Ini adalah cara yang sangat berguna untuk membagikan video dengan ceruk tertentu tanpa harus membagikannya ke publik.

Untuk menggunakan fitur ini, cari video yang ingin Anda bagikan, buka menu “Share” dan klik pada opsi “Private”. Selanjutnya, masukkan nama atau email orang yang ingin Anda bagikan video dengan mereka. Hanya mereka yang bisa mengakses video Anda setelah hendak dilihat.

5. Fitur Speed Control

Jika Anda suka menonton video di kecepatan yang berbeda, maka fitur speed control YouTube tentu cocok bagi Anda. Saat menonton video, klik ikon pengaturan lalu pilih “Speed”. Kemudian, Anda dapat memilih untuk menonton video 0,25x, 0,5x, 1,25x, 1,5x atau 2x lipat kecepatan normal. Ini sangat berguna jika Anda ingin menyaksikan video dalam waktu singkat atau jika beberapa detail tidak penting seolah tidak terlalu masuk akal.

Kesimpulan

YouTube lebih terlihat mengagumkan dengan fitur tersembunyi yang menarik ini. Dalam artikel ini, kami telah memperlihatkan lima fitur yang tidak semua pengguna mengetahuinya. Pastikan sekarang untuk mencoba beberapa fitur ini dan coba juga cari tahu lebih dalam! Dengan begitu, YouTube Anda dapat dikembangkan dan tentu didayagunakan lebih baik.

Originally posted 2023-06-08 14:49:47.