Indonesia Catat 3,3 Miliar Unduhan Mobile Game, Terbesar Ketiga Dunia

photo 2023 04 18 09 39 45

Indonesia Catat 3,3 Miliar Unduhan Mobile Game, Terbesar Ketiga Dunia

Dalam beberapa tahun terakhir, pasar game di Indonesia berkembang pesat, dan hingga sekarang, Indonesia menjadi salah satu pasar game terbesar di dunia. Pada tahun 2020, Indonesia mencatat 3,3 miliar unduhan mobile game, menjadikannya pasar game terbesar ketiga di dunia setelah India dan Amerika Serikat. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang tren game mobile di Indonesia dan mengapa pasar game ini semakin berkembang pesat.

1. Pengaruh Gaming di Indonesia

Tidak dapat disangkal bahwa game memiliki pengaruh yang besar di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari popularitas game dalam berbagai platform, seperti PS4, PC, dan mobile. Masyarakat Indonesia sangat menyukai game, dan itu tercermin dalam eksistensi para gamer di berbagai event gaming di seluruh Indonesia.

Tren gaming di Indonesia juga ditunjukkan oleh angka pertumbuhan di tahun-tahun terakhir. Perusahaan riset pasar Newzoo memperkirakan bahwa pasar game di Indonesia akan mencapai nilai sekitar 1,1 miliar USD pada tahun 2023. Dalam laporan tersebut, game mobile mendominasi pasar game di Indonesia.

2. Tren Mobile Gaming

Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia, untuk berkomunikasi dan mengakses konten online, mobile gaming menjadi tren populer di Indonesia. Berdasarkan survei, game mobile di Indonesia memiliki lebih banyak pemain daripada game PC atau konsol. Fenomena ini karena game mobile lebih mudah diakses dan juga lebih terjangkau.

3. Jenis Game Favorit di Indonesia

Ada beberapa jenis game yang popular di Indonesia, seperti game battle royale, game RPG (role-playing game), gane MOBA (multiplayer online battle arena), dan beberapa games casual seperti Candy Crush dan Ludo King. Salah satu game mobile yang paling popular di Indonesia adalah Free Fire, game battle royale dengan jutaan pemain aktif.

4. Pengembang Indonesia

Indonesia juga memiliki beberapa pengembang game lokal yang merilis game dengan tema lokal yang populer di kalangan pemain di Indonesia. Beberapa game yang dibuat oleh pengembang Indonesia adalah Dreadout, Game Anak Indonesia, dan bersiap-siap untuk merilis Indie Game The Cult: Marduk’s Longest Night. Hal ini menunjukkan bahwa pengembang lokal Indonesia dapat bersaing dengan pengembang game global dalam hal gameplay dan kualitas grafis.

5. Potensi Pasar Game di Indonesia

Tidak ada keraguan bahwa pasar game di Indonesia memiliki potensi besar. Namun, masih banyak tantangan yang harus diatasi agar pasar game Indonesia dapat tumbuh lebih cepat. Beberapa tantangan tersebut seperti infrastruktur IT yang perlu ditingkatkan, sistem pembayaran dan billing yang lebih baik, dan kurangnya kesadaran akan hak cipta dalam game.

Namun, dengan potensi pasar game yang begitu besar, tidak sulit untuk melihat mengapa pengembang game global tertarik untuk memperluas bisnis mereka ke Indonesia. Dengan jumlah pengguna game mobile yang terus bertumbuh, potensi pendapatan di masa depan sangat besar.

Kesimpulan

Game mobile di Indonesia bukanlah tren yang hanya berlalu, dan pasar game ini diperkirakan terus tumbuh secara eksponensial di masa depan. Dengan lebih dari 3,3 miliar unduhan pada tahun 2020, Indonesia menjadi pasar game mobile terbesar ketiga di dunia, dan tren ini tidak akan melambat. Berbagai pengembang game global dan lokal akan berlomba-lomba untuk memasuki pasar game mobile Indonesia, dan masyarakat Indonesia dapat menikmati berbagai game yang berkualitas tinggi di masa mendatang.

Original Post By BE YOU MEDIA