PSM Makassar Juara Liga 1 Hanya Dapat Trofi, Begini Penjelasan LIB

TAWAKKAL PSM JUARA ANGKAT PIALA 2

PSM Makassar Juara Liga 1 Hanya Dapat Trofi, Begini Penjelasan LIB

PSM Makassar sudah beberapa kali mengangkat trofi juara Liga 1 Indonesia. Namun, pada tahun 2021, setelah mendapatkan kemenangan yang luar biasa di liga, klub hanya menerima sebuah piala sebagai hadiah. Mengapa demikian? Berikut penjelasan dari LIB.

Menjadi Juara Tanpa Hadiah

Sejak Liga 1 2021, kebijakan peraturan terbaru dicetuskan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang membuat klub yang menjadi juara tidak mendapatkan hadiah uang tunai. Sebagai gantinya, klub hanya diberikan sebuah piala untuk menghargai prestasi mereka.

Kebijakan ini menjadi urgensi bagi LIB, karena sebelumnya terdapat santer kabar bahwa klub-klub sepakbola terlalu fokus pada penghasilan uang ketimbang kemenangan mereka. Dengan tidak adanya hadiah uang tunai, LIB berharap keberhasilan klub tidak hanya diukur dari jumlah uang yang mereka terima.

Namun, kebijakan ini tidak berjalan lancar tanpa pro dan kontra. Banyak klub menilai bahwa mereka tidak diberikan penghargaan sesuai dengan usaha dan kerja keras mereka. Namun, ada juga klub yang menganggap pentingnya menang tanpa memedulikan hadiah uang.

Mendapatkan Penghargaan Dalam Bentuk Trofi

Piala yang diberikan kepada klub yang menjadi juara di Liga 1 mungkin terlihat sederhana, namun maknanya sangat istimewa bagi klub-klub sepak bola . Selain itu, melakukan upacara pemberian piala adalah salah satu bentuk apresiasi dari LIB terhadap klub sepak bola Indonesia.

Piala yang diberikan juga selalu dirancang agar memiliki bentuk yang indah dan unik, serta seringkali menggunakan loga klub sebagai bagian dari desainnya. Beberapa klub bahkan memiliki koleksi piala yang sangat membanggakan yang dapat mereka pajang di museum klub mereka.

Sedangkan untuk PSM Makassar, mereka berhasil juara Liga 1 pada tahun 2020 lalu. Hasil ini membuat mereka sebagai klub sepakbola paling sukses di Sulawesi Selatan. Adapun pelatih tim PSM Makassar, Syamsuddin Batola, menyatakan bahwa klub sangat bangga dengan prestasi ini dan akan berusaha mencapai lebih dari kemenangan liga.

Akhir Kata

Meskipun tidak ada uang tunai sebagai hadiah, namun kemenangan yang diperoleh oleh klub-klub sepak bola Indonesia tetap menjadi prestasi yang patut diapresiasi. Piala yang diberikan oleh LIB masih memiliki makna yang istimewa bagi klub-klub tersebut dan selalu dihargai. PSM Makassar menjadi salah satu klub yang berhasil meraih kemenangan liga tanpa hadiah uang tunai dan menjadi pemenang yang luar biasa dalam Liga 1 pada tahun 2021.

Dengan kebijakan baru ini, keberhasilan klub diukur berdasarkan kerja keras dan usaha mereka, bukan berdasarkan jumlah uang yang mereka terima. Meskipun terdapat pro dan kontra, LIB berharap kebijakan ini dapat mendorong klub-klub sepak bola Indonesia untuk kembali fokus pada pengembangan olahraganya. Piala yang diberikan juga menjadi bentuk apresiasi LIB terhadap klub-klub sepak bola Indonesia yang telah berhasil mengukir prestasi yang mengesankan.

Original Post By BE YOU MEDIA

Originally posted 2023-04-19 03:44:43.