Soroti Kasus Anak AKBP Achiruddin Hasibuan, IPW Ingatkan Perintah Kapolri: Jangan Viral Dulu Baru Ditindak!

achiruddin hasibuan pake HD 3211116839.webp

Soroti Kasus Anak AKBP Achiruddin Hasibuan, IPW Ingatkan Perintah Kapolri: Jangan Viral Dulu Baru Ditindak!

Pada 1 Januari 2020, seorang anak AKBP Achiruddin Hasibuan diduga telah melakukan tindakan kekerasan terhadap seorang perempuan. Insiden tersebut terjadi di sebuah hotel di Tanjung Balai, Sumatera Utara. Dalam kasus ini, Indonesia Police Watch (IPW) memperingatkan Kapolri untuk tidak menyebarluaskan informasi terlalu cepat sebelum ada tindakan hukum yang jelas dan adil.

1. Latar Belakang Kasus

Dilaporkan oleh korban pada tanggal 1 Januari 2020, seorang anak AKBP Achiruddin Hasibuan diduga telah melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan di salah satu kamar hotel di Tanjung Balai, Sumatera Utara. Korban mengalami luka-luka akibat adanya tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pelaku saat aksi kekerasan terhadap korban terjadi.

2. Penangkapan Terhadap Anak AKBP Achiruddin Hasibuan

Pelaku berhasil ditangkap pada tanggal 2 Januari 2020 di daerah Medan. Hasibuan sendiri merupakan anak perwira tinggi Polri dan telah menjabat sebagai Wakapolres Tanjung Balai. Pada saat itu, Hasibuan ditangkap setelah dinyatakan positif mengandung alkohol saat dilakukan tes urine.

3. Apresiasi IPW Terhadap Tindakan Polisi

Dalam kasus ini, Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi tindakan kepolisian yang berhasil menangkap anak dari pejabat tinggi Polri tersebut. Dalam pernyataannya, IPW mengharapkan kasus ini terungkap secara adil dan penyelidikan terhadap kasus dugaan tindak kekerasan dari anak dari pejabat tinggi Polri tersebut dapat dilakukan secara objektif.

4. Peringatan IPW terhadap Perintah Kapolri agar Kasus Tidak Disalahgunakan

Karena kepolisian telah menangkap pelaku, IPW memperingatkan Kapolri supaya tidak memiliki keinginan untuk menyebarluaskan kasus ini terlalu cepat sebelum ada tindakan hukum yang jelas dan adil terhadap tersangka tersebut. IPW mengingatkan bahwa kasus seperti ini dapat disalahgunakan dan berpotensi menjadi isu politik jika tidak diurus dengan hati-hati.

5. Reaksi dari Masyarakat Indonesia atas Kasus Pelecehan Seksual yang Dilakukan oleh Anak AKBP Achiruddin Hasibuan

Masyarakat Indonesia merespon dengan keras aksi kekerasan yang dilakukan oleh anak dari pejabat tinggi Polri tersebut. Banyak masyarakat yang meminta agar pelaku segera ditindak sesuai dengan hukum dan dikeluarkan dari dinas Polri.

6. Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Anak AKBP Achiruddin Hasibuan Berlanjut

Kasus dugaan tindak kekerasan oleh anak dari pejabat tinggi Polri tersebut sedang dalam proses penyelidikan. Menurut informasi, pihak kepolisian sedang menelusuri keterkaitan antara tersangka dan korban. Pihak kepolisian berharap dapat mengungkap fakta-fakta terkait kasus tersebut untuk menentukan tindakan selanjutnya.

7. Kebijakan Polri Menangani Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Dalam Dinasnya

Setelah kejadian tersebut, Mabes Polri telah mengeluarkan perintah agar setiap anggota Polri yang melakukan tindakan kekerasan, tidak peduli siapa pelakunya, akan diberikan sanksi yang cukup tegas dan disiplin. Polri akan menjalankan program pencegahan kekerasan dalam dinas yang dimaksudkan untuk menghilangkan tindakan kekerasan di lingkungan kerja.

8. Isu Pencemaran Nama Baik

Setelah ditangkap dan ditahan oleh polisi, anak dari pejabat tinggi Polri ini mengajukan gugatan pencemaran nama baik. Isu pencemaran nama baik ini muncul setelah beberapa media melaporkan dan menampilkan nama lengkap tersangka dan orang tuanya.

9. Kebijakan Kepolisian Terhadap Orang Tua dari Pelaku Kekerasan

Menanggapi kasus kekerasan yang dilakukan oleh anak AKBP Achiruddin Hasibuan, Kepolisian Nasional Indonesia (Polri) sudah menegaskan bahwa pada hari kasus tersebut dilaporkan, orang tua dari pelaku disuruh untuk tidak ikut campur dalam pengungkapan kasus tersebut.

10. Peluang Hukuman Bagi Pelaku Kekerasan

Pelaku yang besan dari Wakapolres Tanjung Balai yang kejam tersebut disebut mengancam korban dengan pistol dan berusaha merampas ponsel korban. Ancaman dan tindakan pemaksaan yang dilakukan oleh pelaku akan berpengaruh terhadap hukuman yang dijatuhkan oleh pengadilan nantinya. Pelaku dapat dihukum 8 tahun penjara jika dinyatakan terbukti bersalah oleh pengadilan nantinya.

11. Kesimpulan

Kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh anak dari pejabat tinggi Polri AKBP Achiruddin Hasibuan telah menimbulkan banyak reaksi dari masyarakat Indonesia. Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi tindakan kepolisian untuk menangkap pelaku, tetapi juga memperingatkan Kapolri untuk tidak menyebarluaskan informasi sebelum ada tindakan hukum yang jelas dan adil. Kasus kekerasan dalam dinas tersebut menyebabkan masyarakat berharap agar Polri menerapkan sikap yang tegas terhadap anggotanya, termasuk orang tua dari pelaku. Semoga kasus ini segera diselesaikan dengan baik dan terungkap fakta sebenarnya.

Original Post By BE YOU MEDIA

Originally posted 2023-04-27 05:32:32.